VoIP (Voice over Internet Protocol)

PENGENALAN VoIP (Voice over Internet Protocol)

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon. Terminal akan berkomunikasi dengan gateway melalui telefoni lokal. Hubungan antar gateway dilakukan melalui network IP.Network IP dapat berupa network paket apapun, termasuk ATM, FR, Internet, Intranet, atau line E1. VoIP menawarkan transportasi sinyal yang lebih murah, feature tambahan, dan transparansi terhadap data komputer. Hambatan VoIP saat ini adalah kehandalannya yang di bawah telefoni biasa, dan soal standarisasi yang akan menyangkut masalah interoperabilitas.
Dengan bertelepon menggunakan Vo
IP, banyak keuntungan yang dapat diambil. Diantaranya adalah dari segi biaya, jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX.

PROTOKOL PENDUKUNG VoIP (Voice over Internet Protocol)
Agar telpon V
oIP dapat saling berkomunikasi maka VoIP memliki bahasa yang sama agar saling mengerti, contohnya saja dalam kehidupan kita sehari-hari pastinya kita mempunyai bahasa yang sama agar dapat saling mengerti yaitu kita memakai bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu dan apa bila kita memakai bahasa kalimantan yang pasti teman kita ngomong memakai bahasa jawa gak mengerti begitu juga sebaliknya yang orang kalimantan juga gak mengerti bahasa jawa.. nah maka disini kita punya bahasa pemersatu yaitu bahsa indonesia. dan pada telpon VoIP juga mempunyai bahasa yang sama agar saling mengerti.

1. H.323
Protokol yang dikeluarkan oleh Intenational Telecommunication Union (ITU) menyediakan sesi komunikasi audio-visual dalam berbagai paket jaringan.
Protokol ini di implementasikan dalam aplikasi internet seperti Netmeeting yang aplikasinya telah ada tertanam di windows

2. MGCP (H.248)
MGCP (Media Gateway Control Proto
col) yaitu protokol hasil penelitian Internet Engineering Task Force (IETF) dan ITU-T Study Group 16, definisi protokol ini dibuat berdasarkan ITU-I H.248

3. MIME
Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME) merupakan sekumpulan standar yang mendefinisikan format pesan yang memungkinkan badan pesan dikirim selain format yang ditentukan US-SCII, standar pertama di
protokol ini adalah RFC 2405 yang mendekskripsikan header karakter non US-SCII

4. RVP Over IP
Remote Voice Proto
col, protokol ini dimiliki (proprientary) oleh MCK communication. RVP Over IP digunakan utamanya di keluarga produk MCK untuk memperluas kemampuan layanan PBX local menggunakan WAN (Wide Area Network)

5. SDP
Session D
escription Protocol (SDP), protokol ini berisi informasi nama dan tujuan sesi, waktu sesi, informasi media (didekskripsikan dalam karakter berformat UTF-8)

6. SIP
Session Initiation Proto
col (SIP) merupakan prtokol yang banyak digunakan pada saat ini, SIP mengontrol implementasi sinyal pada VoIP menggunakan mode redirect. Layanan yang digunakan SIP yaitu call forwading, Caller Line Identification (CLI), basic automatic call distribution (ACD)

METODE VoIP (Voice over Internet Protocol)

Hal yang menarik tentang VoIP adalah banyaknya cara untuk melakukan panggilan. Saat ini ada 3 jenis metode yang berbeda yang paling sering digunakan untuk melakukan layanan VoIP, yaitu :

1. ATA (Analog Telephone Adapter)

Cara yang paling sederhana dan paling umum adalah dengan menggunakan suatu alat yang disebut ATA. ATA memungkinkan kita untuk menghubungkan pesawat telepon biasa ke komputer atau disambungkan ke internet untuk dipakai VoIP. ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet. Provider seperti VONAGE dan AT&T Callvantage membuat alat ATA dan memberikannya secara gratis kepada pelanggannya sebagai bagian dari service mereka. Mereka tinggal membuka ATA, memasang kabel telepon ke alat, dan VoIP sudah bisa digunakan. Beberapa jenis ATA dipaket dan dibundel beserta software tambahan yang harus diinstalkan pada komputer untuk melakukan konfigurasi ATA, tetapi pada umumnya itu hanya setting yang sangat gampang.

2. IP Phones

Pesawat telepon khusus ini kelihatannya sama dengan telepon biasa. Tetapi selain mempunyai konektor RJ-11 standar, IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP. Tidak lama lagi, IP Phone nirkabel (wireless) akan tersedia, dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan VoIP dari hotspot yang tersedia.

3. Computer to computer

Cara ini jelas merupakan cara paling mudah untuk melakukan panggilan VoIP. Anda bahkan tidak usah membayar satu sen pun untuk melakukan panggilan SLJJ. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan program yang harganya murah bahkan gratis yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan VoIP. Yang harus anda sediakan hanya program (software), mikrofon, speaker, soundcard dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi internet yang relatif cepat seperti koneksi Kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, biasanya tidak ada lagi biaya untuk panggilan Computer-to-Computer, seberapa jauh pun jaraknya.



IMPLEMENTASI

Untuk melakukan layanan teknology VoIP kita harus mempunyai produk pendukung telepon VoIP atau sebuah aplikasi VoIP. Pada proses implementasi ini, akan menggunakan aplikasi VoIP, yaitu PC-Telephone.

PEMASANGAN PC-Telephone (Proses Instalasi perangkat)

1. Cari dulu aplikasi PC-Telephone lalu instal caranya Klik next untuk memulai pengistalan

2. Kemudian klik Agree untuk untuk menyetujui License Agreement

3. Tentukan letak direktori penyimpanan file, lalu klik tombol Install

4. Proses penginstalan telah selesai

5. Lakukan hal yang sama terhadap komputer lain yang akan digunakan dalam Voice over Internet Protocol (VoIP)

KONFIGURASI DAN PERCOBAAN PC-Telephone

1. Klik icon seperti tampilan di bawah ini, untuk memulai proses konfigurasi

2. Pada tampilan PC-Telephone lakukan proses penambahan kontak, dalam hal ini nomor telepon diganti dengan alamat IP host yang akan dihubungi. Untuk melakukan penambahan kontak klik Phonebook dan klik tab Add (+)

3. Isi kolom Name dan Phone, sesuai yang diinginkan. Dalam hal ini kolom Name diisi dengan Politel, dan kolom Phone diisi dengan nomor IP 192.168.3.1, lalu klik tombol Ok

4. Penambahan kontak pada Phonebook akan terlihat pada gambar di bawah

5. Untuk melakukan komunikasi VoIP, Klik dua kali pada salah satu daftar nama yang ada pada Phonebook, setelah itu klik icon seperti gambar di bawah ini


Telah Terbit on Maret 14, 2009 at 7:50 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://4n694m.wordpress.com/voip-voice-over-internet-protocol/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: